Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

by Teknisi Komputer

Backup system pada Windows 7 sangat penting untuk dilakukan dan biasanya disimpan dalam bentuk image, bukan image gambar namun seperti file iso yang biasanya digunakan pada CD / DVD. Di artikel ini saya akan share beberapa langkah sederhana untuk melakukan backup system Windows 7 anda tanpa menggunakan software bantuan apapu seperti True Image atau aplikasi Ghost.

Ketika sudah dalam beberapa waktu kita menggunakan Windows 7 pastinya banyak software atau aplikasi favorit untuk membantu kinerja komputer dan tiap aplikasi tersebut pastinya memiliki konfigurasinya tersendiri. Backup system memmungkinkan kita untuk menyimpan konfigurasi tersebut ke dalam sebuah CD atau hardisk portable sehingga bila sewaktu waktu terjadi kerusakan software / crash maka akan dengan mudah bisa dikembalikan ke kondisi seperti backup terakhir dilakukan.

Sekedar tips saja, lebih baik dilakukan backup windows 7 ini pada saat anda yakin sistem dalam kondisi bersih, dalam artian tidak sedang terkena virus atau error apapun. Berikut ini saya sajikan dalam bentuk tutorial gambar sehingga lebih mudah untuk dimengerti icon smile Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

 Tutorial Backup System pada Windows 7

Pertama klik menu start di pojok kiri bawah dan pilih Getting started – Backup your files

backup your files Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Selanjutnya klik create a system image :

create a system image Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Tentukan lokasi penyimpanan Backup, terdapat pilihan yaitu DVD, Hardisk yang kosong di PC kita atau Hardisk external.

lokasi penyimpanan backup Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Pada menu selanjutnya ditampilkan pilihan untuk membackup juga drive lain yang terdapat di komputer kita jika diperlukan. Sedangkan untuk menu selanjutnya hanya berupa konfirmasi lokasi backup, tinggal klik ok saja.

backup tambahan Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Bila proses backup berjalan akan tampak seperti gambar berikut. Lamanya waktu backup sangat bervariasi tergantung dari besarnya data yang ingin dibackup.

proses backup windows 7 Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Bila proses backup selesai, disarankan untuk membuat system repair disc. Fungsinya adalah sebagai disc booting pada saat nanti jika terjadi kerusakan system dan ingin menggunakan backup yang tadi dilakukan.

system repair disc Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Bila pembuatan disc repair system sukses maka kita akan mudah merestore backup yang dilakukan jika terjadi kerusakan fatal (software) yang tidak bisa diperbaiki. Berikut merupakan tampilan pada saat Disc repair system dimasukkan ke PC.

system recovery windows 7 Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Bagaimana, mudah bukan cara untuk Membuat Backup System pada Windows 7, seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan icon smile Tutorial Membuat Backup System pada Windows 7

Leave a Comment

Previous post:

Next post: