Cara Memperbaiki Komputer yang Mati Total

Post On: 30 July 2012
July 30, 2012

Pada beberapa kerusakan komputer yang terjadi pastinya salah satunya dalah Mati total alias sama sekali tidak menunjukkan adanya fungsi salah satu komponen komputer, mungkin menurut anda ini adalah kerusakan yang sangat parah tapi menurut saya tidak begitu parah karena setidaknya data data yang ada pada hardisk tidak terganggu. Kenapa ? karena kemungkinan besar kerusakan ini disebabkan oleh komponen power supply, kabel atau soket kendor saja.

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab komputer mati total dan kita harus jeli untuk bisa menemukan dimana kerusakan tersebut, berikut beberapa step by step yang bisa dilakukan untuk troubleshooting kerusakan komputer seperti ini :

1. Pertama tama pastikan anda telah mencoba menyalakan semua power yang ada, stop kontak, tombol power depan atau belakang jika ada (jarang), UPS, atau semua perangkat yang menghubungkan antara PC ke sumber PLN.

2. Yakinkan bahwa tegangan yang diset di power supply pada 220 Volt, karena karena beberapa model power supply terdapat saklar pemindah dari 100 Volt ke 220 Volt.

3. Ganti Kabel power, bila memungkinkan, ganti dengan kabel power dari komputer lain / perangkat lain seperti printer yang memiliki soket power yang sama untuk meyakinkan kabel power berfungsi dengan baik.

4. Uji coba sumber listrik dengan menggunakan perangkat lain untuk meyakinkan power listrik PLN tidak trip / off. Uji coba perangkat dengan memasukkan stop kontak dan perhatikan pada bagian belakang PC / power supply unit. Bila terdapat lampu indikator hijau atau blower kipas berputar maka artinya listrik PLN sudah masuk ke PSU komputer. Pada kasus khusus jika tercium bau ozon / hangus langsung cabut dan ganti PSU unit. kemungkinan terjadi short pada blok power supply.

power supply komputer

5. Jika indikator power PSU dibelakang serta blower berputar dengan normal, lanjutkan dengan menekan tombol power di depan PC dan bila sama sekali tidak respon maka kemungkinan Motherboard mengalami kerusakan dan harus diganti, namun sebelum mencabut mother board dari casing bisa dicoba terlebih dahulu dengan mengganti battery CMOS yang fungsinya untuk supply IC BIOS (startup).

Demikian beberapa tips saya untuk solusi permasalahan komputer mati total. Semoga bermanfaat.